CKSTJJ3C77U115KED8T0 Fungsi Obeng Ketok | Kegunaan dan Fungsi Obeng Ketok

Fungsi Obeng Ketok Sebenarnya di Dunia Otomotif

Fungsi obeng ketok sebenarnya hampir sama dengan jenis obeng lainnya, hanya saja alat ini khusus dibuat untuk meringankan pekerjaan. Obeng ketok adalah bentuk inovasi dari obeng minus maupun obeng plus yang sudah ada sebelumnya menggunakan tenaga tangan. Ingin mengenal benda ini lebih lanjut? Mari kita simak penjelasan obeng ketok selengkapnya berikut ini.

Pengertian Obeng Ketok Secara Umum dan Serba-serbi Menarik Lainnya

Obeng ketok termasuk perkakas yang telah didesain khusus guna pembukaan baut keras, contohnya baut yang ada di blok mesin maupun kolter. Jenis obeng ini cara kerjanya menggunakan  hentakan maupun getokan dengan alat bantu palu. Di bagian ujung bawah badan obeng getok terdapat mekanisme yaitu sliding yang memberikan efek ujung obeng ketok berputar setelah mendapat pukulan.

Adapun kelebihan lain dari obeng ketok adalah ujungnya yang mampu diganti-ganti sesuai kebutuhan baut mana akan dilepas, entah itu baut plus maupun baut minus. Pastikan antara baut dan ujung obeng ketok harus cocok, karena apabila dipaksakan maka mengakibatkan keduanya mengalami kerusakan. Baiknya Anda memilih obeng ketok yang berkualitas bagus terlihat dari bahan pembuatnya. Material yang bagus memiliki kemampuan membuka baut yang keras sekalipun tanpa harus menyebabkan kerusakan berarti.

Aplikasi Obeng Ketok dalam Dunia Mesin dan Otomotif

Bagi Anda yang sudah sering bergelut di dunia mesin dan otomotif tentu tidak asing lagi dengan alat obeng ketok. Cara kerjanya yang praktis dan cepat banyak disukai masyarakat, cukup  mengetok palu kemudian mata obeng akan berputar, arahnya dapat diatur melalui setelan entah itu ke sebelah kanan maupun kiri. Seringkali para pengunjung bengkel salah paham karena melihat cara kerja obeng ketok yang dipukul agar dapat membuka baut, padahal memang seperti itulah cara kerja sesungguhnya. Obeng ketok sangatlah berguna di bidang mesin serta otomotif karena jenis baut yang kecil dan harus terpasang rapat, serta jumlahnya yang cukup banyak.  Apabila menggunakan alat kovensional sudah pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Sebenarnya tidak hanya obeng ketok saja alat yang bisa digunakan, karena masih ada perkakas bengkel lainnya yang bisa dimanfaatkan, contohnya kunci T dan kunci L. Bahkan kunci L biasanya dipergunakan untuk mengganti baut mesin kemudian diganti dengan baut variasi.

Bagaimana? Cukup banyak bukan variasi kegunaan obeng ketok yang unik dan praktis ini. Setidaknya apabila mendapat rejeki, Anda bisa mengadakan dan menyediakan perkakas obeng ketok ini di rumah, karena sangat bermanfaat. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kali ini kepada Anda pecinta otomotif dan perkakas mesin. Semoga artikel ini bermanfaat serta menambah pengetahuan wawasan Anda mengenai serba-serbi utama dari perkakas bengkel serta fungsi obeng ketok.

Open chat
Chat Me
Chat Me